Rabu, 20 Januari 2016

Khasiat mengkudu untuk darah tinggi

Khasiat mengkudu untuk darah tinggi

Khasiat mengkudu untuk darah tinggi ~ Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah di dalam arteri meningkat sehingga memaksa jantung untuk bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Kita sering menemukan penderita penyakit ini berusia antara 40 tahun keatas, namun bukankah tidak ada yang dapat menjamin jika penyakit hipertensi ini tidak bisa menyerang mereka yang berusia sebelum 40 tahun?

Mencegah penyakit bisa dilakukantentunya akan lebih baik jika dilakukan mulai dari sekarang sejak dini, sejak usia masih muda dan sejak usia, sejak penyakit tersebut belum menyerang kita. Namun sayangnya, kebanyakan orang lebih cuek dan cenderung tidak peduli selama penyakit tersebut belum diketahui telah menyerang kita, dan baru panik ketika penyakit tersebut telah menyerang. Jika begitu, lalu apakah yang harus kita lakukan? Sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu gejala yang mungkin muncul jika penyakit daah tinggi atau hipertensi menyerang.

Faktor risiko penyakit hipertensi
  • Tekanan darah tinggi memeliki berepa faktor risiko, antara lain:
  • Usia. Resiko tekanan darah tinggi meningkat.
  • Ras. Tekanan darah tinggi
  • Latar belakang keluarga
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Tidak aktif secara fisik. Denyut jantung orang-orang yang tidak aktif cenderung lebih tinggi. Sehingga semakin keras jantung Anda harus bekerja dengan setiap kontraksi dan semakin kuat gaya pada arteri Anda. Kekurangan aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan.
  • Merokok
  • Terlalu banyak garam (sodium) pada diet Anda. Terlalu banyak sodium pada diet Anda dapat menyebabkan tubuh Anda menahan cairan yang meningkatkan tekanan darah.
  • Terlalu sedikit potasium pada diet Anda. Pottasium membantu menyeimbangkan jumlah dari sodium di sel Anda. Jika Anda tidak mendapat potasium yang cukup pada diet Anda atau menahan potasium, Anda bias menumpuk terlalu banyak sodium di dalam darah.
  • Terlalu sedikit vitamin D di dalam darah Anda. Tidak pasti apakah memiliki terlalu sedikit vitamin D dalam diet Anda dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Vitamin D dapat mempengaruhi enzim yang diproduksi oleh ginjal yang mempengaruhi tekanan darah Anda.
  • Terlalu banyak minum alkohol
  • Stres
  • Kondisi kronik tertentu. Seperti, kolestrol tinggi, diabetes, penyakit ginjal, dan “sleep apnea”.
  • Terkadang kehamilan juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.
Gejala awal penyakit darah tinggi

Terkadang orang tidak menyadari bahwa tekanan darah mereka tinggi meskipun hal ini dapat membahayakan kesehatan mereka, akan tetapi, secara kasat mata gejala ditimbulkan karena penyakit hipertensi kurang begitu terlihat. Selain itu, gejala yang munculpun berbeda-beda dari setiap individu. Namun kewaspadaan perlu ditingkatkan ketika anda mengalminya.

Berikut ini adalah beberapa gejala awal yang ditimbulkan jika anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi :
  • Kepala terasa sakit
  • Mimisan
  • Mual dan muntah
  • Titik darah pada bagian mata
  • Meraa pusing
Bagaimana mengatasinya? Ada banyak cara alami dan aman yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit hipertensi tersebut salah satunya adalah dengan mengkudu. Mengkudu (Morinda citrifolia L) atau yang dikenal dengan nama pace (noni) ini adalah tanaman obat yang banyak tumbuh disekitar kita. Tanaman ini tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1500m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Dan meskipun rasanya tidak terlalu enak, akan tetapi ternyata mengkudu menjadi salah satu jenis buah penurun darah tinggi. Buah mengkudu diketahui mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan protein, vitamin dan juga berbagai mineral penting banyak tersimpan dalam buah dan juga daun pohon buah mengkudu yang juga dinilai bisa membantu meredakan hipertensi. Dan kandungan selenium yang terkandung dalam buah mengkudu ini berperan sebagai antioksidan yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Selain buah mengkudu, anda juga bisa memanfaatkan Jelly Gamat Gold G yang terbuat dari bahana alami teripang emas laut yang diproses higienis tanpa tambahan bahan kimia sedikitpun sehingga aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan efek samping negatif bagi tubuh, selain itu jelly Gamat Gold G juga tidak menimbulkan efek ketergantungan dan sangan ampuh untuk mengatasi hipertensi. 

Demikian khasiat mengkudun untuk penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat...


0 komentar:

Posting Komentar